Friday, July 29, 2011

Walikota Hobi Gowes

Oleh: Rahmi Fitria

Mengawali kariernya sebagai wartawan, Walikota London, Alexander Boris de Pfeffel Johnson (47), mulai bermain politik sejak 2001, ketika terpilih sebagai anggota Dewan Rakyat, House of Commons. Tahun 2007, Johnson menjadi Walikota, mewakili Partai Konservatif dengan perolehan lebih dari satu juta suara dan tercatat sebagai salah satu politisi dengan mandat terbesar dalam sejarah politik Inggris.
Johnson adalah pejabat pemerintah yang unik, karena juga pesepeda (biker) sejati. Sehari-hari, sepedalah yang mengantarkannya bekerja atau untuk keperluan pribadi. Termasuk ketika Perdana Menteri Inggris, David Cameron, baru saja terpilih, Johnson mengunjunginya pakai sepeda, dengan menyandang ransel dan helm. Sepedanya diparkir cuek di depan Downing Street 10, kantor dan kediaman resmi sang Perdana Menteri. Foto peristiwa itu langsung terpampang di media-media cetak internasional.
Warga London sudah terbiasa melihat penampilan Johnson yang agak acak-acakan, rambut pirang gondrong awut-awutan, dan hadir di sebuah acara dengan bercucuran keringat karena habis menggowes. Juga bukan sekali dua kali ia menjadi korban pencurian sepeda. Setengah berseloroh, ia melontarkan untuk membangun "kandang-kandang" sepeda di seantero Islington dan mengirim pasukan khusus Angkatan Laut AS, Navy SEALs, untuk menangkapi para pencuri sepeda.

No comments:

Post a Comment