Tuesday, July 26, 2011

DIBALIK LAGU THE BEATLES: 12-BAR ORIGINAL

12-Bar Original

Status: Lagu album
Album: Anthology 2 (Trek 16)
Dirilis: 18 Maret 1996
Direkam: 4 November 1965 di Studio Abbey Road, London
Genre: Blues
Panjang: 2:54
Label: Apple Records
Penggubah: John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Richard Starkey
Produser: George Martin
Penata Suara: Norman Smith

Mencoba untuk membuat lagu R&B/soul, The Beatles merekam sebuah instrumentalia untuk pertama kalinya sejak meneken kontrak dengan EMI pada tahun 1962.
Walaupun direkam tahun 1965, lagu ini baru dirilis secara resmi tahun 1996, ketika sebuah versi yang telah diedit dirilis dalam album "Anthology 2". Versi asli dan utuh dari lagu ini mempunyai panjang lebih dari enam menit.
Lagu ini merupakan hasil dari kolaborasi keempat personil The Beatles, yang mencoba berimprovisasi secara spontan. Lagu ini tampaknya direkam untuk mengantisipasi kalau mereka tidak dapat memenuhi kuota 14 lagu dalam Album "Rubber Soul".
Melibatkan produser George Martin dalam harmonium (semacam akordeon), lagu ini adalah sebuah percobaan The Beatles untuk mengomposisi sebuah lagu blues yang diinspirasi oleh sebuah hit dari Booker T and the MGs tahun 1962 berjudul "Green Onions".
Namun, mereka nampaknya tidak dapat memunculkan kesan "wah" dalam lagu ini dan terkesan membosankan dalam durasi sepanjang itu (enam menit). Karena itu, lagu ini tidak pernah digarap secara serius untuk dirilis secara resmi dalam karier The Beatles.
The Beatles menyadari akan menjamurnya tren musik blues dan soul di Inggris pada pertengahan era 60-an yang dimotori oleh grup seperti The Yardbirds dan The Animals. "Plastic soul" adalah frasa yang sering diucapkan Paul McCartney pada era itu. Ia menerangkan kepada rekannya di The Beatles bahwa frasa itu sering digunakan oleh para musisi blues kulit hitam untuk menyebut Mick Jagger (The Rolling Stones).
Setelah The Beatles bubar, dirumorkan bahwa dalam album "Rubber Soul" sebenarnya dimaksudkan untuk dirilis sebuah instrumentalia yang mempunyai judul yang sama dengan nama album tersebut, dan apabila itu terjadi kemungkinan besar "12-Bar Original" yang mengambil peran tersebut.
Sebelum dirilis tahun 1996, hanya John Lennon dan Ringo Starr yang mengomentari tentang lagu yang saat itu belum dirilis ini secara terbuka kepada jurnalis. Dalam sebuah wawancara dengan sebuah stasiun radio di AS, Lennon ditanya apakah ada lagu The Beatles yang belum pernah dirilis secara resmi sepanjang The Beatles masih eksis, dan ia menjawab kalau ia hanya ingat sebuah 12-bar yang tidak terlalu bagus. Starr berkata pada jurnalis, "Kami berempat menggubah lagu itu dan saya masih menyimpan piringan hitam hasil rekamannya."
The Beatles merekam "12-Bar Original" pada 4 November 1965 setelah mereka merekam "What Goes On".
Pertama mereka berlatih untuk mendapatkan nadanya, yang kemudian dibagi menjadi 2 take. Take (percobaan) pertama gagal, dan yang kedua sukses dalam durasi 6 menit 42 detik yang kemudian diedit menjadi 2 menit 54 detik untuk dirilis dalam "Anthology 2".
Sebuah editan mono yang asli dan utuh dibuat pada 30 November 1965, atau hanya tiga hari sebelum dirilisnya Album "Rubber Soul", di mana lagu ini dimaksudkan untuk dirilis dalam album tersebut, namun selesainya pengeditan lagu ini terlalu terlambat karena terlalu dekat dengan deadline untuk rilis Album "Rubber Soul". Piringan hitam hasil pengeditan hari itu akhirnya diberikan kepada masing-masing anggota The Beatles untuk koleksi pribadi.

Personil:
John Lennon : gitar lead
George Harrison : gitar lead
Paul McCartney : bas
Ringo Starr : drum
George Martin : harmonium

No comments:

Post a Comment