Friday, July 29, 2011

Gadget Tanpa Baterai

Jurnal ilmiah American Chemical Society belum lama ini memublikasikan sebuah penemuan teknologi futuristik yang memungkinkan ilmuwan membuat berbagai gadget tanpa baterai. Seperti kita tahu, selama ini peranti-peranti modern seperti telepon genggam masih mengandalkan listrik dari baterai yang listriknya harus diisi jika telah habis. Dengan teknologi baru ini kita bisa memiliki gadget tanpa perlu mengisi baterai.
Penelitian ini masih difokuskan pada peranti yang berfungsi mengirim data nirkabel jarak jauh yang diaplikasikan di bidang medis. Prototipe teknologi yang diberi nama Nano Letters ini berupa sebuah alat kecil yang bisa dipakai seperti cincin atau arloji, bahkan bisa juga ditanam di jaringan kulit. Alat yang memiliki bagian sensor dan kamera ini dirancang untuk bekerja dengan daya listrik kecil yang sumbernya dari lingkungan sekitar, mirip arloji kinetik yang memanfaatkan gerakan tangan sebagai penggerak jarum jam.
Zhong Lin Wang, kepala peneliti, menerangkan bahwa sumber listrik bisa berasal dari denyut nadi, embusan napas, atau gerakan pemakainya. Ini bukan sesuatu yang sulit dilakukan karena sejauh ini pemanfaatan energi kinetik, vibrasi, gerakan udara (aerodinamika), gelombang suara, panas, atau cahaya sebagai sumber energi sudah biasa diaplikasikan.
Bagian penting alat ini berupa generator berteknologi nano yang berfungsi mengubah energi gerakan menjadi listrik yang selanjutnya disimpan di dalam kapasitor. Listrik ini kemudian digunakan oleh Nano Letters untuk mengirim informasi nirkabel jarak jauh seperti pada telepon genggam. Karena berteknologi nano, alat ini bisa dibuat dalam ukuran yang kecil.

Sumber: sciencedaily.com

No comments:

Post a Comment