Monday, March 7, 2011

Selamat Menikmati AWAL PEKAN

Oleh : Djoko Subinarto

Di suatu Minggu pagi yang cerah, saya menyaksikan seorang pembawa acara di televisi mengakhiri sebuah acara yang dipandunya dengan kalimat, "Sampai jumpa dan selamat menikmati akhir pekan anda!" Dalam benak orang kebanyakan, akhir pekan - "weekend" kata orang barat - dimaksudkan sebagai hari Sabtu serta Minggu. Selain itu, akhir pekan identik dengan libur.
Bagi mereka yang memiliki hari kerja normal, akhir pekan adalah waktunya untuk rileks, waktunya untuk berleha-leha, waktunya untuk bersantai setelah Senin hingga Jumat membanting tulang demi uang atau karier. Akhir pekan mungkin diisi dengan istirahat seharian di rumah bersama keluarga atau mungkin pula diisi dengan acara jalan-jalan ke luar rumah, berbelanja, atau melancong ke tempat-tempat rekreasi - khusus bagi mereka yang berdompet tebal.
Jika hari Sabtu dan Minggu kita yakini sebagai akhir pekan, lantas di mana letak awal pekannya? Hari Seninkah? Banyak orang memang beranggapan bahwa Senin adalah permukaan pekan. Betulkah?
Dalam bahasa Inggris, hari Senin disebut Monday, sedangkan Minggu disebut Sunday. "The Advanced Learner's Dictionary of Current English" memberi definisi Monday sebagai "the second day of the week" sedangkan Sunday didefinisikan sebagai "the first day of the week."
Di kalangan masyarakat kita, hari Minggu sering pula disebut Ahad. Ditilik dari asal-usulnya, kata ahad berasal dari bahasa Arab. Kata ini bermakna satu atau pertama. Dengan demikian, sebutan Ahad untuk hari Minggu pada dasarnya untuk merujuk kepada hari pertama dari suatu pekan.
Sementara itu, kata Sabtu juga berasal usul dari bahasa Arab, yaitu sab'a yang berarti tujuh. Dengan demikian, Sabtu bermakna sebagai hari ketujuh.
Sebagai hari ketujuh, memang sangat tepat jika kemudian Sabtu disebut sebagai akhir pekan dan justru tidak tepat sesungguhnya menganggap hari Minggu masih sebagai akhir pekan (kecuali kalau satu pekan terdiri atas delapan hari dan hari Minggu merupakan hari kedelapan).
Akan tetapi, hanya karena kebanyakan orang biasanya menikmati di hari Minggu dan baru masuk kerja atau sekolah di hari Senin, maka orang kebanyakan cenderung menganggap hari Senin sebagai awal pekan dan hari Minggu masih sebagai akhir pekan.
Padahal, hari yang paling pantas dijuluki sebagai awal pekan itu adalah hari Minggu alias hari Ahad. Dengan demikian, salah satu ucapan yang paling tepat untuk kita sampaikan kepada teman atau sahabat kita saat berjumpa atau berpisah di hari Minggu adalah "Selamat menikmati awal pekan!"
Kendatipun demikian, sangat boleh jadi ucapan tersebut akan terdengar aneh di telinga kebanyakan orang yang selama ini berkeyakinan bahwa hari Minggu merupakan akhir pekan, yang identik dengan hari libur, hari untuk rileks, sementara hari Senin identik dengan awal segala aktivitas yang menyibukkan.

No comments:

Post a Comment